- PENGURUSAN SURAT MASUK
surat masuk diterima oleh resepcionis, petugas penerima surat mengumpulkan surat yang masuk, meneliti ketepatan alamat, dan menandatangani bukti pengiriman surat bahwa sudah diterima.
setelah surat diterima dari resepsionis, kemudian dipilah-pilahkan berdasarkan surat dinas maupun surat pribadi.
petugas pencatat surat dapat membuka dan membaca surat agar mengetahui surat tersebut termasuk surat dinas biasa, penting, atau rahasia,.
pengarahan surat dilakukan oleh pimpinan agar mengetahui pejabat mana yag harus menangani surat dengan menyertakan lembar disposisi untuk mencatat instruksi pimpinan.
penyampaian surat kepada pajabat atau karyawan berdasarkan disposisi pimpinan dan dicatat pada buku ekspedisi intern.
jika semua proses surat sudah selesai maka surat asli diserahkan kepada bagian tata usaha untuk disimpan menggunakan sistem penyimpanan arsip seperti sistem abjad, sistem subjek, sistem tanggal, sistem wilayah dan sistem nomor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar